Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Bruntusan
kecantikan / Tips dan Trik

Penyebab dan Cara Mengatasi Wajah Bruntusan

Wajah Bruntusan – Wajah bruntusan juga disebut dengan jerawat kecil yang muncul di wajah. Terkadang muncul pada 1 atau 2 titik saja. Namun juga ada yang muncul sangat banyak pada beberapa daerah wajah. Seperti yang ada pada dahi, samping hidung, hidung, hingga di dagu.

Namun ternyata ada juga penyebab yang sangat sering disepelekan dari kebanyakan orang dan dapat memicu timbulnya bruntusan di wajah. Yuk mari simak di bawah ini, siapa tahu Anda juga pernah melakukannya.

penyebab wajah bruntusan
  • Tidak tuntas membersihkan kulit

Hal ini sangat mudah terjadi jika Anda sudah malas untuk membersihkan kulit wajah Anda. Apalagi jika Anda salah dalam memilih produk pembersih wajah. Sampai pada akhirnya dapat menyebabkan kotoran yang menumpuk dan muncullah bruntusan di wajah Anda.

  • Tidak memberikan jeda waktu saat transisi

Jika Anda tidak memberi jeda waktu yang cukup di saat Anda akan mengganti produk kosmetik atau perawatan, maka hal ini menjadi salah satu hal yang dapat menyebabkan wajah Anda mengalami bruntusan. Dan berilah jeda selama beberapa hari sebelum berpindah produk.

  • Alergi

Jika Anda termasuk orang yang alergi makanan, obat, atau yang lainnya, bruntusan juga dapat mengakibatkan alergi. Namun tak hanya itu, bruntusan juga dapat terjadi di daerah wajah, namun juga bisa muncul di daerah tubuh.

  • Kebersihan alat make up

Alat make up seperti brush atau kuas-kuas make up lainnya yang tidak rutin dibersihkan, akan membuat alat-alat tersebut penuh dan dapat menyebabkan tumpuknya bakteri. Hal ini juga menjadi salah satu pemicu penyebab munculnya bruntusan.

  • Makanan

Ternyata selama ini makanan yang kita sukai ternyata juga mendukung penyebab terjadinya bruntusan di wajah. Jika makanan tersebut berminyak dan termasuk makanan yang pedas, mau tidak mau Anda harus menguranginya.

Jadi Anda sudah tau kan bagaimana caranya menghilangkan wajah bruntusan? Yuk mari kita lakukan hal-hal di atas supaya wajah bruntusan cepat hilang. Ada juga loh cara menghilangkan wajah bruntusan yang dapat Anda lakukan di rumah.

wajah bruntusan

Memiliki wajah bruntusan merupakan hal yang sangat menjengkelkan selain jerawat dan komedo. Walaupun hal ini di anggap wajar, banyak orang yang ingin menghilangkan wajah bruntusan tersebut. Karena mereka menganggap bahwa memiliki wajah bruntusan dapat mengganggu penampilan.

Jerawat papules atau di sebut dengan bruntusan yang muncul ketika folikel rambut yang lebih sering disebut dengan pori-pori tersumbat sel-sel kulit mati dan minyak yang berlebih pada wajah. Sumbatan inilah yang disebut dnegan komedo.

Minyak yang berlebih yang ada pada wajah merupakan “makanan empuk” untuk bakteri propionic acnes penyebab bruntusan. Akibat dari wajah bruntusan, akan menjadi merah, meradang, gatal, hingga sakit. Benjolan merah yang ada pada wajah dan berukuran kecil ini dapat berkembang menjadi jerawat pustule yang sudah membentuk nanah.

Lalu bagaimana caranya menghilangkan wajah bruntusan yang dapat dilakukan di rumah? Ikutilah empat langkah yang dapat menghilangkan wajah bruntusan.

  1. Bersihkan wajah dari make up dengan benar

Pastikanlah bahwa wajah Anda bersih dari make up sebagai langkah pertama menghilangkan bruntusan. Debu hingga minyak yang ada pada wajahm dapat menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan wajah bruntusan apabila tidak dibersihkan secara total.

Jangan lupa untuk sering melakukan double cleansing dengan menggunakan cleansing oil atau micellar water. Lalu dilanjutkan dengan facial foam, dan lengkapilah tahapan untuk membersihkan wajah dengan toner.

2. Rajin Eksfoliasi

Pengelupasan kulit menjadi tahapan yang penting dalam menghilangkan wajah bruntusan. Produk yang mengandung Beta Hydroxy Acid (BHA) yang dilansir oleh Theklog.com dapat digunakan untuk perawatan wajah bruntusan. Beta Hydroxy Acid atau disebut dengan BHA merupakan asam salisilat yang larut dalam minyak. Sehingga bisa membersihkan pori-pori dan lapisan kulit lebih mendalam.

Produk yang mengandung Alpha Hydroxy Acid dapat membantu melembapkan kulit, sekaligus mengelupaskan dengan lembut pada permukaan kulit. Sehingga AHA sangat cocok untuk semua jenis kulit cenderung kering. Pada intinya dua jenis chemical peeling atau eksfoliator berbahan kimia tersebut mampu untuk membersihkan pori-pori dan kulit secara mendalam. Sehingga membantu wajah bruntusan cepat menghilang.

3. Menggunakan Obat Totol Jerawat

Obat totol jerawat sangat dikenal ampuh untuk menghilangkan wajah bruntusan yang biasanya mengandung benzoyl peroxide, asam salisit, atau sulfur. Pilihlah produk yang mengandung pembasmi jerawat dan sangat cocok untuk kulit wajah Anda. obat totol jerawat pada umumnya lebih efektif untuk dipakai pada malam hari sebelum tidur, dan saat proses regenerasi kulit sedang aktif-aktifnya.

4. Menggunakan pelembap

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membantu proses menghilangkan wajah bruntusan. Dan terlebih lagi setelah eksfoliasi dan penggunaan pada totol jerawat dapat membuat kulit Anda cenderung kering. Maka oleskanlah pelembap pagi dan malam hari secara teratur.

 Ngga hanya flek, jerawat, atau kerutan yang selalu menjadi pengganggu penampilan Anda. Wajah bruntusan juga dapat menjadikan hal yang paling menyebalkan. Karena masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, contohnya seperti polusi udara, gigitan serangga atau reaksi alergi. Di sini kami akan memberi tahu 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bruntusan pada wajah Anda.

langkah mengatasi wajah bruntusan

Memanfaatkan Lidah Buaya

Anda hanya cukup memulaskan gel lidah buaya yang langsung saja dapat diambil dari daun ke kulit wajah bruntusan. Anda hanya cukup mendiamkan selama 20 menit, kemudian bilaslah dengan air hingga bersih.

Memakai Oatmeal

Haluskanlah oatmeal dengan blender atau dengan cara digiling. Kemudian campurkan oatmeal ke dalam air hangat. Nah, langsung saja gunakan campuran tersebut untuk mencuci wajah Anda sambil dipijat-pijat secara perlahan, dan cukup membutuhkan waktu selama 15-20 menit.

Masker Telur dan Tepung Jagung

Anda hanya cukup menyediakan putih telur dan campurkan dengan tepung jagung. Aduklah putih telur itu dengan tepung jagung hingga merata sampai berbentuk pasta dan pulaslah ke wajah bruntusan Anda. Diamkan di wajah Anda kurang lebih selama 30 menit dan bilaslah hingga bersih.

Masker Madu dan Kayu Manis

Ambillah kayu manis bubur cukup dengan satu sendok teh dan campurkan dengan dua sendok makan madu. Kemudian pakailah campuran madu dan kayu manis tersebut di seluruh wajah Anda hingga merata, dan biarkanlah di wajah Anda selama 15 menit. Kemudian bilaslah wajah Anda dengan menggunakan air yang bersuhu sedang.

Menggunakan Kulit Pisang

Usapkanlah pada bagian dalam kulit pisang di wajah bruntusan Anda. tunggulah hingga 30 menit dan bilaslah dengan air sampai bersih.

Masker Pepaya

Haluskanlah buah pepaya secukupnya hingga menjadi jus dengan menggunakan blender. Kemudian buatlah masker pepaya pada wajah bruntusan Anda. Biarkanlah masker pepaya di wajah Anda selama 10 menit, lalu basuhlah wajah Anda dengan menggunakan air bersih.

Menggunakan Kompres Dingin

 Masukkanlah pada beberapa es batu ke dalam kantong plastik. Kemudian letakkan pada area wajah Anda yang bermasalah, contohnya wajah bruntusan. Anda cukup mengkompres es batu yang di dalam kantong plastik tersebut selama beberapa menit. Lalu ulangilah beberapa kali dalam sehari. Sebagai jalan alternative, Anda juga dapat menggunakan kain yang direndam di air dingin untuk mengkompres wajah Anda.

Nah sangat mudah kan cara mengobati wajah bruntusan? Bagi Anda yang sedang mengalami wajah bruntusan, Anda cukup melakukan hal-hal di atas tersebut. Silahkan mencoba! Dan nikmati hasilnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *