destinasi, konsep dan gaya foto prawedding
pengetahuan / pernikahan / Tips dan Trik

Destinasi, Konsep dan Gaya Foto Prewedding yang Romantis, Indah dan Menarik

Foto prewedding – Nikah pada usia muda, menjadi hal yang sedang trend di kalangan anak muda pada saat ini. Sehingga para pasangan muda mulai dari sekarang telah merencanakan pernikahan mereka dengan berbagai konsep yang indah dan menarik.

Berbicara soal pernikahan, merupakan salah satu momen menjadi sangat populer adalah momen pada saat foto prewedding. Saat ini sudah banyak ide-ide yang keren soal konsep dari foto prewedding yang menjadikan siapapun iri untuk dibuatnya.

Sesi foto prawedding yang romantis, indah, dan menarik pasti menjadi tujuan dari para pasangan yang akan melaksanakan pernikahan tersebut. Sehingga, pencarian untuk temoat foto prewedding romantis biasanya dilakukan dari jauh-jauh hari.

Hal ini dilakukan untuk membangun konsep yang matang serta sesuai dengan keinginan yang diharapkan oleh kedua pasangan tersebut. Salah satu konsep foto prewedding yang paling romantis dan banyak digemari oleh masyarakat sekitar adalah suasana alam.

Negara Indonesia memiliki keindahan alam dengan alam yang menawan. Seakan-akan mengerti banget akan hal ini. Ngga heran ya kalau Indonesia memiliki segudang tempat foto prewedding paling romantis dan menarik hati.

Berikut ini akan kami jelaskan pada beberapa tempat foto prewedding paling romantis di Indonesia yang bisa menjadi referensi Anda dan pasangan Anda.

Destinasi Foto Prewedding

destinasi foto prawedding

1. Nusa Dua, Bali

Popularitas pulau Bali sebagai surga dunia yang memang belum terpatahkan hingga saat ini. Pulau Bali menjadi salah satu destinasi favorit di dunia. Pulau Bali juga menyimpan dari berbagai tempat foto prawedding paling romantic, indah nan menarik yang menawan dan mampu membuat Anda terkesima. Salah satunya adalah Nusa Dua yang letaknya di Bali.

Sangat banyak pilihan destinasi foto prewedding paling romantis yang berada di daerahi ini. Nusa Dua memiliki pantai yang sangati indah nan menawan. Selain itu, Nusa Dua juga memiliki panorama sunset yang mengagungkan. Anda juga dapat mencoba dengan suasana lain dalam foto prawedding dengan pasangan Anda.

2. Bromo, Jawa Timur

Kawasan yang ada di Gunung Bromo telah lama untuk dikenal sebagai kawasan favorit bagi para pasangan. Dikarenakan memiliki alam yang terbentang luas, dengan suasana yang masih asri. Belum lagi Gunung Bromo ini memiliki pemandangan pegunungan yang juara banget.

Tak hanya untuk mengenal budaya dan berwisata, ternyata kawasan yang ada di Gunung Bromo juga memiliki berbagai spot foto yang romantis misalnya untuk dijadikan tempat foto prawedding.

3. Parangkusumo, Yogyakarta

Anda mungkin juga sering mendengar tentang fenomena gumuk pasir yang terdapat pada kawasan Parangkusumo, Yogyakarta. Kawasan ini tidak hanya terkenal dengan permainan sandboarding saja, namun lokasi dengan gunungan pasir yang luas ini juga menyimpan potensi untuk menciptakan foto yang sangat menawan.

Kota Yogyakarta terbuat dari cinta, karena pada setiap sudutnya begitu romantis. Tak disangka, bahwa gumukan pasir juga mampu menghasilkan foto prawedding paling romantic yang membuat ANda dan pasangan Anda berdecak kagum. Tak hanya terlihat romantis saja ya, namun kawasan ini juga terlihat begitu cantik dan membuat hati kita tersentuh.

4. Danau Tamblingan, Bali

Kembali lagi pada kawasan di Bali ya. Ada sebuah tempat foto prawedding yang ada di Bali dan menjadi sebuah tempat favorit kepada para pasangan untuk melakukan foto prawedding romantis. Danau Tamblingan yang letaknya di Bali inilah mereka menyebutnya.

Danau Tamblingan terletak di kawasan Buleleng, yang memiliki spot foto prawedding yang dramatis nan romantis. Bahkan juga dapat dibilang spot yang satu ini terlalu manis untuk dijadikan tempat foto prawedding paling romantis.

5. Hutan Mangrove, Jakarta

Siapa bilang Kota Jakarta hanya diisi dengan gedung yang tinggi saja? Siapa juga yang masih beranggapan kalau Jakarta hanya memiiki Kota Tua, Pulau Seribu, dan Ancol untuk sesi foto?

Selain Jakarta memiliki Ancol dan Pulau Seribu, Jakarta juga memiliki Hutan Mangrove yang terletak pada Jakarta Utara untuk lokasi foto prawedding paling romantis lho. Coba bayangkan saja pada sebuah foto yang mana Anda dan pasangan Anda duduk berdua di pinggir danau sambil menikmati pada tenangnya alam sekitar. Sangat romantis bukan?

Menikah adalah sesuatu hal yang sakral sekaligus spesial. Jadi pastikan Anda memiliki segudang ide untuk membuat pernikahan Anda menjadi begitu sangat berarti. Termasuk bagi Anda yang ingin memiliki koleksi foto prawedding romantis.

Selain mengetahui destinasi foto prawedding, mencari fotografer yang cocok, memilih tempat dan latar belakang, menyiapkan baju da riasan, juga merupakan hal yang disiapkan oleh para pasangan dan melakukannya dengan sepenuh hati supaya mendapatkan hasil gambar yang sempurna yang dapat dipajang di hari pernikahan maupun disimpan sebagai kenangan.

Lalu apa saja sih, tema dan gaya yang akan dipilih untuk foto prawedding nanti?

Ada banyak sekali tema atau konsep foto prawedding yang sesuai dengan selera Anda dan pasangan Anda. Di bawah ini akan kami jelaskan konsep foto prawedding yang dapat Anda pilih!

gaya foto prewedding
  • Foto Bridal- konsep foto prawedding

Tema yang satu ini sangat sering untuk dipilih. Anda dan pasangan Anda akan sama mengenakan pakaian pernikahan. Entah itu baju adat tradisional atau gaun kemeja modern. Konsep foto bridal prawedding ini cenderung mengusung latar belakang dengan nuansa yang dramatis.

Jika konsep foto bridal ini yang Anda dan pasangan Anta butuhkan, maka nanti kalian akan diminta untuk bergaya dan menunjukkan ekspersi yang emosional. Namun tenang saja! Fotografer Anda akan membantu Anda untuk mendapatkan pose dan raut wajah yang terbaik kok!

Jika Anda dan pasangan Anda memilih konsep foto bridal, cukup di pastikan rambut dan riasan Anda ngga berlebihan, dan hanya cukup untuk memancarkan aura cantik aslinya pengantin wanita.

  • Foto Engagement- konsep foto prawedding

Konsep dengan foto engagement ini lebih santai lho daripada foto bridal. Karena konsep foto ini menunjukkan mereka dapat bergaya dengan lebih nyaman dan natural. Pakaian yang dikenakannya tentu juga lebih sederhana, seperti mengenakan dress untuk perempuan dan kemeja biasa untuk pria. Pengambilan foto engagement ini biasanya lebih banyak dilakukan secara close up. Supaya lebih fokus pada diri Anda dan pasangannya.

  • Foto Stylised- konsep foto prawedding

Pada umumnya stylized photoshoot merupakan konsep foto prawedding yang menunjukkan teaser hari pernikahan Anda atau bisa jadi rangkaian foto prawedding romantis Anda yang terinspirasi dari sebuah film maupun tema tertentu.

Beberapa dari pasangan memilih untuk foto bergaya dengan konsep stylized ini dengan bergaya editorial, seperti yang pernah Anda lihat di buku majalah. Konsep foto yang satu ini memberikan kesempatan untuk Anda dan pasangan Anda menikmati waktu berdua tanpa perlu memusingkan persiapan pernikahan. Jika Anda menginginkan pada kedatangan tamu yang hadir dengan gaya busana tertentu, foto stylized ini sangat cocok untuk dipilih karena memiliki gaya dan nuansa dan dapat memberikan pemahaman yang jelas pada mereka.

  • Foto Konseptual- konsep foto prawedding

Tema foto yang satu ini menggunakan unsur kreatifitas yang sangat tinggi supaya mendapatkan mengemas pesan cinta yang lebih kuat. Fotografer Anda mengkin membutuhkan waktu editing dan menggunakan berbagai aplikasi untuk mendapatkan foto prawedding yang unik dan menarik. Foto dengan konseptual ini juga dapat memakan waktu yang lebih lama. Dan mungkin Anda juga akan mendapatkan hasil foto dengan kualitas yang mengesankan.

  • Foto “Cerita Tentang Kisah Cinta”- konsep foto prawedding

Ingin memiliki kisah cinya yang unik dan ingin ditunjukkan pada khalayak ramai? Anda dapat mengungkapkannya dengan melalui foto prawedding ini. Jadikanlah foto ini sebagai konsep foto prawedding, dan dijamin Anda juga akan menjalani sesi pengambilan gambar sembari nostalgia masa lalu. Hasil dari foto tersebut dapat menyentuh hati pada para tamu undangan yang melihatnya.

  • Foto Destinasi- konsep foto prawedding

Kalau Anda termasuk orang yang suka travelling, konsep destination photoshoot menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Anda dan pasangan Anda. Anda dan pasangan Anda dapat memilih Negara impian yang akan kalian kunjungi atau memilih pada suatu tempat yang mana kalian memiliki kenangan spesial dari kalian berdua.

Hasil dari foto prawedding dengan menggunakan konsep ini akan menyiratkan emosi kebahagiaan antara Anda dan pasangan serta harapan untuk masa depan kalian berdua. Meski memakan waktu yang yang lama dan biaya yang cukup besar, foto destinasi ini sangat layak untuk Anda dan pasangan Anda coba!

  • Foto Post-wedding atau pre-honeymoon

Pada umumnya foto ini dapat diambil setelah hari pernikahan atau sebelum kalian berdua melakukan bulan madu. Jadi, Anda dan pasangan Anda tak perlu terburu-buru untuk melakukan pengambilan gambar karena waktu yang ngga terbatas. Biasaya foto setelah pernikahan, Anda dan pasangan dapat bergaya dengan mengenakan pakaian pernikahan dan berfoto di gedung tempat acara berlangsung atau di tempat lain sesuai dengan pilihan Anda dan pasangan Anda.

Selain konsep foto prawedding yang kita ketahui, ada hal lain yang perlu diketahui tentang foto prawedding. Langsung saja simak di bawah ini!

konsep foto prewedding

Apa sih yang dimaksud dengan foto prawedding atau foto pertunangan?

Foto prawedding sering dikenal dengan foto pertunangan yang merupakan sebuah pemotretan yang dilakukan tiga hingga enam bulan menjelang hari pernikahan. Meskipun pemotretan foto prawedding terkesan sebagai sebuah keharusan pada setiap pasangan, tak sedikit dari pasangan yang bingung untuk memutuskan apakah mereka juga perlu untuk melakukan sesi foto tersebut.

Beberapa dari setiap pasangan calon pengantin merasa hal ini hanya akan membuang biaya saja dan tak terlalu berguna.  Alasan mereka yang seperti ini belum tentu benar. Karena sesi foto pertunangan justru dapat membantu Anda dalam beberapa cara.

Yang pertama yaitu dapat menjadi sebuah kesempatan yang baik untuk membangun atau menjalin pada hubungan yang baik dengan fotografer. Terutama jika Anda menggunakan jasa fotografer yang sama untuk hari pernikahan. Anda juga akan merasa lebih nyaman dengan fotografer tersebut sekaligus dapat mengetahui lebih dalam dari ciri khas gaya fotografinya.

Apa yang membuat foto prawedding terkesan istimewa?

foto prewedding romantis

Begitu banyak hal yang dapat menjadikan sebuah foto pertunangan dapat terlihat lebih bagus dan menarik. Terralogical memberi pendapat bahwa foto prawedding tergantung pada dua faktor. Yang pertama adalah bagaimana sebuah foto dapat mencerminkan kisah pasangan tersebut dan faktor lainnya adalah bagaimana emosi dapat tertangkap oleh lensa.

“Sebuah gambar atau foto dapat menceritakan tentang siapa mereka, bagaimana mereka memulainya, serta ke mana arah dan tujuan mereka sebagai sepasang kekasih”

Misalnya pada kedua pasangan adalah pendaki gunung. Alangkah baiknya jika pegunungan dan hutan menjadi pilihan sebagai lokasi pemotretan. Namun yang terpenting adalah emosi yang diabadikan dapat memunculkan keindahan pada gambar atau foto tersebut.

Konsep Foto Prawedding

Banyak dari pasangan kekasih muncul dengan berbagai konsep. Bahkan terlalu banyak hingga terkadang sulit bagi Anda untuk menentukan konsep yang tepat. Namun jangan khawatir! Kami akan memberi tahu lima konsep terpopuler, tipe pasangan yang paling sesuai dengan konsep tersebut, serta kiat terbaik untuk mengeksekusikannya dengan mudah.

prewedding
  • Gaya Tradisional

Foto prawedding dengan konsep gaya tradisional biasanya lebih menonjolkan akar budaya dan elemen cultural yang kental. Gaya tradisional ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyelenggarakan pernikahan bergaya tradisional.

Para pengantin kekasih Indonesia memiliki banyak sekali keuntungan. Tentunya berkat dari keanekaragaman budaya yang terlihat menakjubkan saat diabadikan dalam sebuah foto. Jika Anda dan pasangan Anda berencana untuk memilih gaya tradisional ini, maka pilihlah lokasi yang menonjolkan keunikan dari budaya yang kalian pilih.

Dalam pemilihan busana, pilihlah busana tradisional tentunya. Namun supaya tetap terlihat simpel dan tidak berlebihan. Simpanlah detail aksesori yang kalian kenakan rumit untuk acara pernikahannya nantinya. Mintalah pada fotografer Anda untuk mengambil foto hitam putih atau tone warna sepia yang dapat memunculkan kesan otentik yang kental.

  • Gaya Glamour

Jika Anda dan pasangan Anda memilih gaya prawedding yang glamour, berarti sudah saatnya untuk mengenakan gaun yang dramatis dan lokasi yang megah. Sebisa mungkin tunjukkanlah tampilan yang berkelas pada setiap fotonya.

Para pasangan yang memilih jenis gaya glamour ini, biasanya adalah jenis pasangan yang menikmati keanggunan dan ingin menonjolkan sisi elegan. Dalam berbusana, temukanlah gaun indah yang dapat memberikan pernyataan pada foto. Baik dalam nuansa hitam putih yang klasik ataupun warna terang yang berani. Namun pilihannya tetap terserah pada Anda dan pasangannya.

Dalam penentuan lokasi sangat disarankan untuk lebih memilih sebuah landmark yang ikonik atau sebuah tempat dengan pemandangan yang indah. Tonjolkanlah lokasi yang menarik dalam balutan busana indah untuk menghasilkan kesan glamour yang kuat.

  • Gaya Kasual

Lawan dari gaya glamour pada prawedding adalah konsep kasual. Gaya ini tidak seperti gaya glamour yang menonjolkan busana serta lokasi, namun gaya kasual memiliki konsep yang lebih mengedepankan pendekatan yang santai dan sederhana.

Pada umumnya pasangan yang memilih tema yang berbeda untuk foto kasual mereka. Misalnya dengan menggunakan ulang pertemuan pertama mereka, ada juga yang menampilan hobi atau kegiatan yang mereka lakukan saat kencan pertama. Namun konsep tersebut tergantung pada tema yang mereka pilih. Busana dengan gaya kasual merupakan pilihan yang cocok untuk konsep tersebut.  

Misalnya pada pengantin wanita mengenakan pakaian yang simpel, sedangkan pengantin pria mengenakan kemeja bahkan celana pendek atau jenis busana lain yang sesuai dengan temanya. Cukup di pastikan saja untuk tidak terlalu berpose atau terlihat lebih kaku, karena mengingat tema yang diusung adalah tema kasual.

  • Gaya Candid

Gaya candid atau disebut dengan gaya indigenous adalah konsep yang terbilang cukup populer di belakangan ini. Biasanya foto yang seperti ini diabadikan lebih banyak saat Anda aktivitas bersama. Misalnya pada saat rekreasi, dalam pengambilan gambar atau foto mereka benar-benar terlihat sedang rekreasi dan membiarkan fotografer mengabadikan pada momen tersebut.

Jika Anda dan pasangan Anda termasuk tipe orang yang tidak suka berpose di hadapan kamera, konsep yang satu ini sangat disarankan untuk Anda. Bertindaklah secara alami dan biarkan semua mengalir begitu saja. Yang harus di ingat adalah Anda perlu berhati-hati di saat memilih fotografer. Karena tidak semua fotografer berpengalaman untuk menangkap memen candid semacam ini.

  • Gaya Tematis

Memilih gaya tematis saat pelaksaan prawedding merupakan pemotretan yang bertema spesifik yang telah di tentukan oleh pasangan. Anda dan pasangan Anda dapat memilih tema yang kalian sama menyukainya dan pilihlah tema dengan sebaik mungkin.

Inilah beberapa destinasi, konsep dan gaya dalam melaksanakan prawedding. Semoga dengan membaca artikel saya, dapat bermanfaat dan terinspirasi.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, dadah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *