apa sih arti dari sebuah cinta dan panggilan sayang ke kamu
gaya hidup / pengetahuan

Apa Sih Arti dari Sebuah Cinta dan Panggilan Sayang ke Kamu?

Arti Cinta – Pasti kalian pernah merasakan cinta bukan? Lalu apa sih arti dari sebuah cinta? Cinta adalah sebuah perasaan yang dimiliki dari seseorang yang diberikan oleh Tuhan untuk saling mencintai, saling memiliki, saling memenuhi, dan saling pengertian antara satu sama yang lain.

Cinta yang dimiliki dari seseorang tidak bisa dipaksakan, dan hanya dapat berjalan dengan sendirinya apabila kedua dari belah pihak saling ikhlas.Cinta itu datangnya bisa di sengaja atau tidak di sengaja.Cinta tak bisa dimiliki jika mereka mementingkan diri sendiri.Pada setiap hubungan pasti dari kedua belah pihak ingin suatu perhatian yang lebih dan hanya bisa dilakukan dari setiap pasangannya.

Cinta itu timbul dari sebuah perasaan yang dimiliki dari seseorang terhadap lawan jenisnya.Dalam sebuah cinta juga diperlukan pengertian dan saling memahami untuk melanjutkan hubungannya. Dalam setiap hubungan juga perlu saling menutupi dari kekurangan dan mau menerima dari pasangan apa adanya, dan tanpa paksaan dari salah satu pihak. Suka duka akan dilalui dengan bersama pasangan.

Cinta itu sesuatu yang tulus dan suci dari seseorang yang timbul tanpa adanya sesuatu yang dibuat atau pemaksaan. Cinta dapat menjadikan seseorang termotivasi untuk melakukan suatu perubahan menjadi diri yang lebih baik daripada sebelum ia mengenal cinta. cinta itu adalah suatu kesucian dan janganlah menodai cinta suci itu karna dengan keegoisan, dan kemunafikan yang hanya menginginkan enaknya untuk dirinya sendiri.

Sangat sering orang mengatakan “I Love You”, namun yang sesungguhnya dia hanya berkata aku suka pada wajahmu yang cantik jelita, aku suka dengan kekayaan yang kamu miliki, atau yang sejenis lainnya.Apakah yang seperti ini disebut dengan cinta?Pasti tidak ya.

Sangat sering kita mendengar atau bahkan kita sering menyaksikan dalam kehidupan di tv, film, atau yang lainnya, bahwa seseorang hanya merasakan jatuh cinta setelah dia melihat kecantikan atau kegantengan yang dimiliki orang lain. Apakah yang seperti ini ada kaitannya dengan antara cinta dan keindahan cinta?

Sangat sering bahwa zaman sekarang ini kita mendengar atau menyaksikan banyak dari wanita yang hamil di luar nikah. Bahkan usia mereka masih banyak dibilang masih muda. Mereka banyak yang melakukannya karna dengan cinta berhubungan suami istri di luar nikah.Masih pantaskah yang mereka lakukan itu disebut dengan arti dari sebuah cinta yang sesungguhnya?

arti cinta

Lalu bagaimanakah dari pandangan Islam mengenai arti cinta yang suci itu?

1. Cinta dalam Ajaran Islam

Cinta menurut dalam ajaran Islam adalah rasa kasih sayang yang muncul dari lubuk hati yang paling dalam dan rela berkoran untuk untuk yang ia cintai. Dan juga tanpa mengharap imbalan apapun dari siapa pun kecuali imbalan yang datangnya diridhoi oleh Allah.

Dalam ajaran Islam, kasih sayang merupakan identitas dan asas dari keimanan.Nah, hal ini membuktikan bahwa pengaruh agama terhadap hati nurani yang dimiliki seseorang.Seperti halnya kesaksian dari setiap jiwa manusia. Belum diakui beragama jika ia tak memiliki perasaan kasih sayang, ini juga menurut instilah dalam agama Islam lho.

Di dalam Surat At-Taubat 9:24, Allah berfirman : “Jika bapa-bapa (para pembesar dan nenek moyang), anak-anak, saudara-saudara, istri-istrimu, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada mencintai Allah dan Rasulnya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan (azab/siksaan)-Nya, dan Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik”.

2. Cinta Terhadap Sang Pencipta

Sebagai manusia makhluk ciptaanya Allah, ia berusaha untuk selalu mengadakan dan memiliki bubungan yang baik dengan Allah, berupa hubungan ibadah dengan-Nya. Setiap diri sebagai pemeluk agama akan merasa yakin bahwa dengan selalu mengadakan hubungan yang baik dengan Tuhannya. Dengan memiliki hubungan yang baik dengan Tuhannya, maka hidupnya akan baik pula. Merasa bahagia atau tidaknya dalam kehidupan seseorang tergantung dengan hubungan baik tidaknya terhadap Allah SWT.

Rasa cinta yang ia miliki kepada Sang Pencipta adalah cinta makhluk atau hamba kepada Sang Pencipta. Dengan cara mengakui tanpa ragunya akan kebesaran-Nya. Apa yang akan dilaksanakan, apa yang di perintahkan-Nya, dan apa yang dilarangnya akan dihindari. Cinta kepada Allah SWT tidak akan bisa lepas dari aklak, tauhid, dan keimanan.

3. Cinta Terhadap Lingkungan Hidup

Cinta terhadap lingkungan hidup, berupa dari alam sekitar. Seperti adanya air, udara, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan lain sebagainya yang merupakan prasarana dari kehidupan yang harus tetap di pelihara keserasiannya. Maka dari itu segala sesuatu yang dapat merusak lingkungan hidup, maka kita harus mencegahnya. Karena jika kita tak mencegahnya, akan berakibat kehidupan yang tak bersih, tak tertib, dan tak aman. Nah, inilah sebabnya bahwa agama Islam melarang bahkan mengutuk pada orang-orang yang melakukan kegiatan yang dapat merusak lingkungan.

Agama Islam juga mengajarkan kepada umatnya, supaya dapat mengasihi pada semua binatang dan melarang pada umatnya untuk menyiksa binatang.Salah satu sumber makanan manusia, kita juga harus menghormati kepada mereka dengan berdoa dan tidak membunuh mereka dengan menganiaya dan juga lebih dari yang kita makan.

Agama Islam mengajarkan pada umatnya dan mengatakan bahwa manusia merupakan bagian yang tak bisa terpisahkan dari alam semesta yang membutuhkan untuk saling mendukung dengan seluruh bagian alam itu sendiri. Setiap individu manusia merupakan bagian yang bekerja sama dan tak terpisahkan dengan seluruh alam semesta ini. Maka dari kita tidak boleh kalau kita tidak ada ketidakserasian antara mereka satu sama yang lainnya.

4. Cinta terhadap Sesama Manusia

Nah untuk yang satu ini tidak asing lagi bagi kita ya.Agama Islam juga mengajarkan pada umatnya untuk mencintai terhadap sesama manusia yang tak bisa lepas dari rasa cintanya terhadap penciptanya.Arti cinta dalam agama Islam, yaitu cinta terhadap Tuhan yaitu Allah SWT.Berarti cinta terhadap sesama manusia sebagai ciptaan-Nya.Nah hal ini juga sangat berkaitan pada akhlaknya seseorang.

Rasa sebuah cinta yang dimiliki seseorang terhadap sesama manusia tak bisa lepas dari kemanusiaan.Dalam agama Islam menyatakan bahwa kemanusiaan merupakan satu kesatuan meski berbeda-beda bagiannya untuk membentuk satu masyarakat. Berjenis-jenis dalam keserasian, dan berlain pendapat untuk saling melengkapi dari satu sama yang lainnya dalam mencapai tujuan.

Pada dasar prinsipnya, cinta terhadap sesama manusia adalah saling mengenal, keserasian, dan saling tolong menolong.Menurut dari pandangan Islam, cinta terhadap sesama manusia bisa kita wujudkan dari salah satu keadilan dan persamaan derajat di antara manusia.

Setelah kita mengetahui tentang arti dara cinta yang sebenarnya. Lalu apa sih arti dari panggilan sayang yang berbeda-beda bentuknya ke kamu? Pasti jika kalian memiliki sebuah hubungan pasti juga memiliki gaya tersendiri untuk menunjukkan rasa kasih sayangnya ke pasangan masing-masing. Salah satu cara gaya yang mudah untuk menunjukkan rasa kasih sayangnya kepada pasangannya yaitu dengan memiliki panggilan sayang yang bersifat khusus kepada pasangannya. Mulai dari panggilan sayang yang bernilai atau terdengar unik, lucu, atau bahkan sampai aneh jika kita dengar.

Yang sebenarnya dibalik ungkapan dari kasih sayang yang kalian lakukan itu bisa mengerti sifat pasanganmu dengan berdasarkan panggilan sayang untukmu.

panggilan sayang
  • Ndut

Panggilan ini terdengar lucu juga ya, entah itu panggilan mania atau untuk sindiran. Jika pasanganmu memanggilmu “ndut”, tandanya pasanganmu itu peka banget sama penampilanmu. Entah itu antara gemas dengan ukuran badanmu atau dengan secara halus dia ingin mengajakmu untuk lebih memperhatikan berat badanmu agar tidak berlebihan atau keblabasan ya.

  • Ayang Beb

Udah bilang sayang, tambah babe juga. Berarti pasanganmu ini nunjukin bahget kalau rasa sayangnya yang ia miliki padamu bertumpah-tumpah nih. Kebanyakan orang yang memanggil “Ayang Beb”, bersifat mania dan juga romantis lho.Kira-kira pasanganmu seperti ini ngga ya?

  • Pesek

Terkadang banyak orang yang bilang “pesek itu ngangenin”.Panggilan sayang yang seperti ini menunjukkan rasa kasih sayangnya yang lebih padamu.Ia membuktikan bahwa kekurang yang kamu miliki tak menjadi penghalang untuk terus suka padamu. Kalau pasanganmu termasuk orang yang memanggil kamu dengan sebutan “pesek” atau “buncit”, berarti yang sebenarnya dia adalah orang yang apa adanya. Dia juga membuktikan kalau dia mengakui pada kekuranganmu dan bangga untuk menunjukkan di depan orang yang banyak.

  • Sayang

Panggilan “sayang” sudah menjadi gaya hidup dari menjalin hubungan dan tak asing lagi. Orang yang memanggil pada pasangannya dengan sebutan “sayang”, tandanya ia adalah orang yang penyayang dan apa adanya. Ngga kekanak-kanakan, namun juga ngga muluk-muluk.

  • Darling

Panggilan “darling” dari setiap hubungan, biasanya terjadi di antara pasangan yang sudah berinjak dewasa.Dengan sebutan ini, biasanya dia adalah orang yang sudah dewasa dan dia ingin menunjukkan rasa kasih sayangnya tanpa terdengar manja.

Walaupun gaya panggilan sayang yang diberi kekasihmu, atau dari pasanganmu sendiri, juga ada panggilan untuk persahabatan lho. Katanya orang-orang sih, kalau kamu menjalin pada persahabatan tanpa menggunkan panggilan sayang berarti bukanlah persahabatan sejati.

Semakin akrab dengan seseroang, maka kamu juga akan merasa nyaman dengan dirinya. Semakin lama pula kamu juga akan memanggil dengan nama apa saja. Dan pake nama apapun, mereka juga bakalan noleh. Nah inilah yang dikatakan persahabatan sejati.

Ada beberapa panggilan yang sudah tak asing lagi dalam menjalin persahabatan, yang sebenarnya menyiratkan makna tertentu yang kamu sendiri kadang belum mengerti. Penasaran? Langsung saja simak di bawah ini!

panggilan persahabatan
  • Bro atau Sis

Dalam panggilan akrab ini sedikit adanya area abu-abu.Terkadang kamu sendiri dalam menjalin persahabatan kamu nge-Bro in dia. Karena udah saking seringnya di pake panggilan yang bersangkutan. Terkadang panggilan ini juga disebut ketika seseorang baru kenal kamu dan akhirnya kamu juga butuh basa-basi sama mereka.

  • Beb

Biasanya panggilan “Beb” ini digunakan pada sesama cewek yang usianya masih seumur jagung.Dan masih diselimuti dengan perasaan segan bercampur dengan rasa iri. Dan jadi deh, panggilan beb bab beb kesana kemari yang berusaha untuk mengumpulkan niatan untuk mengakrabkan diri. Panggilan “Beb” ini buat temen yang udah bener-bener akrab atau disebut dengan temen asli. Namun biasanya panggilan ini hanya dipake di saat bercanda doing.

  • Coy

“Coy” dikeluarkan untuk panggilan di saat momen maskulin terjadi.Entah itu dari cewek ke cowok, momen maskulin antar sahabat ini juga bisa terjadi. Misalnya di saat kamu akan nge-bully temen cewek mu soalnya dia lamban banget, hasilnya kamu nyuruh cepetan dengannya dengan mengucapkan kalimat “cepetan coy”. Namun yang sebenarnya memanggil dengan panggilan “Coy” lebih umum di pake antara sesama teman cowok.

  • Plesetan Nama

Panggilan yang satu ini sangat banyak macemnya.Di intanmiranti.com gak mungkin ngerangkum satu per satu, hehe.Karna saking banyaknya. Kebanyakan dari menjalin sahabat yang baru kenal atau mungkin udah lama akan langsung ngerasa cocok. Biasanya langsung menggunakan cara memanggil yang demikian.

  • Say

Panggilan “Say” memiliki hawa-hawa yang mirip sama panggilan Beb. Namun hanya ada sedikit perbedaan. Hanya saja bedanya dengan panggilan ini akan lebih jadul dan terkesan menye-menye aja daripada Beb. Dengan menggunakan panggilan “Say” sering digunakan oleh dua temen cewek yang sering berbagi keunyu-unyuan.Tapi juga kadang di belakangnya kalo lagi pas khilaf ya ngomongi juga. Sedangkan pada antar temen yang berlawanan jenis atau sesama cowok, dengan menggunakan panggilan “Say” ini digunakan dalam konteks “melambai”.

Inilah arti dari sebuah cinta dan pangilan sayang yang mungkin pernah kamu di panggil seperti tu. Semoga dengan menggunakan panggilan ini, kamu bisa lebih akrab dengan yang lainnya.

Salam hangat dari sang penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *